Algoritma berisi langkah langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi, pemilihan aksi maupun pengulangan aksi. Sehingga sebuah algoritma dapat dibangun dari 3 buah struktur dasar, yaitu :
1. Runtutan (squence)
Sebuah runtutan terdiri dari satu atau lebih intruksi. Tiap intruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya yaitu sebuah intruksi dilaksanakan sebelum intruksi sebelumnya selesai. Urutan intruksi ini menentukan keadaan akhir algoritma. Bila urutannya diubah hasil akhir mungkin berubah.
Contoh :
nilai1
nilai2
nilai3
nilai4
Pertama pemroses melaksanakan instruksi nilai1.Instruksi nilai2 dilaksanakan setelah nilai1 selesai,begitu seterusnya sampai pada instruksi nilai4.Setelah itu algorima berhenti.
2. Pemilihan (selection)
Suatu intruksi dikerjakan bila kondisi tertentu dipenuhi. Tiap tiap intruksi akan di seleksi oleh kondisi. Apabila intruksi memenuhi kondisi yang diminta maka intruksi akan dijalankan.
intruksi : IF ___ than
intruksi ini adalah persyaratan yang dapat bernilai benar atau salah, intruksi akan dilaksanakan jika intruksi bernilai benar , jika intruksi salah maka tidak dilaksanakan.
contoh:
IF tombol ditekan Then lampu akan menyala.

3. Pengulangan (repetition)
Pada hal ini kita tidak perlu menulis intruksi yang sama berulang kali, tetapi cukup melakukan pengulangan dengan intruksi yang tersedia. Jika dalam suatu hal kita menulis kalimat yang sama sebanyak 100 kali, maka itu merupakan pekerjaan yang melelahkan dan membosankan. Tetapi pada algoritma kita hanya perlu menulis kalimat tersebut satu kali, kemudian mendefinisikan dengan intruksi sebanyak 100 kali. yang termasuk intruksi pengulangan dalam algoritma adalah :
* FOR TO DO
* REPEAT UNTIL
* WHILE DO
contoh:
for angka = 1 to 10 do
begin
output "saya anak RPL"
end.
dalam contoh diatas komputer akan menampilkan tulisan "saya anak RPL" sebanyak 10 kali.

Referensi :
1. Andri Kristanto. 2003. “Struktur Data dengan C++”. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2. Budi Sutedjo, Michael A.N. 2000. “Algoritma dan Teknik Pemrograman”. Yogyakarta: ANDI OFFSET. 3. Fathul Wahid. 2004. “Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman”. Yogyakarta: ANDI OFFSET. 4. Heri Sismoro, Kusrini Iskandar. 2004. ”Struktur Data dan Pemrograman dengan Pascal”. Yogyakarta:ANDI OFFSET. 5. Insap Santosa. 2004. ”Struktur Data Menggunakan Turbo Pascal 6.0”. Yogyakarta: ANDI OFFSET. 6. Rinaldi Munir, Leoni Lidya. 2002.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top